Sabtu, 27 Februari 2010

Win-Win Promotion

"Win-win promotion". Tiba-tiba terlintas dalam benak saya kata kata tersebut. Sudah ada belum ya istilah seperti itu? Kalau yang sering saya dengar adalah win-win solution. Solusi atau pemecahan masalah yang saling menguntungkan. Menurut pendapat saya win-win promotion adalah promosi yang saling menguntungkan. Promosi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari marketing. Produk atau jasa yang dipasarkan dan didistribusikan kepada konsumen sedikit banyak dipengaruhi oleh promosi yang dilakukan. Promosi dilakukan agar produk/jasa dikenal konsumen, agar konsumen tertarik untuk mencoba atau membeli produk atau jasa dengan harapan konsumen akan terjadi pembelian ulang dan setia dengan produk/jasa yang ditawarkan.

Promosi dapat dilakukan dengan berbagai media. Salah satunya melalui internet. Baik promosi gratis atau berbayar. Bagi pemilik blog hal ini merupakan peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Pemilik blog bisa mendaftarkan blognya ke penyedia jasa layanan promosi seperti google adsense atau adsensecamp. Setelah blognya disetujui, pemilik blog akan mendapatkan script atau kode promosi yang bisa dipasang di blognya. Pemilik blog tidak perlu membuat materi promosi karena sudah disediakan oleh penyedia jasa layanan. Dalam hal ini pemilik blog disebut sebagai publisher. Pemilik blog akan mendapat penghasilan dari klik yang dilakukan oleh pengunjung terhadap promosi yang ada di blog dengan nilai tertentu.

Pemilik produk yang melakukan promosi disebut sebagi advertiser. Advertiser membayar kepada jasa layanan promosi sejumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung blog, tidak peduli terjadi trasaksi atau tidak antara advertiser dengan pengunjung blog. Advertiser senang karena promosi produk atau jasanya bisa terpampang di blog yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Apalagi jika terjadi transaksi dengan pengunjung blog maka advertiser akan mendapat penghasilan. Penyedia jasa layanan promosi mendapat penghasilan dari advertiser dan memberikan beberapa persen dari yang dibayarkan oleh advertiser kepada publisher.

Begitu sedikit gambaran win-win promotion atau promosi yang yang saling menguntungkan antara pemilik blog (advertiser), pemilik produk/jasa (advertiser) dan penyedia jasa layanan promosi. Ini hanyalah pendapat saya saja. Bagaimana dengan pendapat anda?

Masukkan alamat email anda untuk dapat kiriman artikel terbaru secara gratis :

Jumlah pelanggan : blogdenmas

Baca Cara Berlangganan Artikel Gratis Blogdenmas

Baca Juga