Senin, 22 Maret 2010

Bisnis Waralaba (Franchise)

Pernah makan renyahnya ayam goreng di KFC? Makan lezatnya burger di McDonald's? Atau belanja di Indomaret atau Alfamart? Mungkin anda pernah melakukan pembelian di salah satu tempat tersebut. Semua itu adalah sedikit contoh dari bisnis waralaba yang banyak ditemui di Indonesia. Bisnis waralaba itu apa sih? Menurut Asosiasi Franchise Indonesia pengertian waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang/jasa, dimana pemilik merk (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan area tertentu.
Waralaba adalah sebuah bentuk jaringan bisnis, jaringan yang terdiri dari banyak pengusaha yang bekerjasama. Dalam bisnis franchise ada dua pihak yang saling bekerjasama. Pertama adalah franchisor (pemberi waralaba) yaitu badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya. Pihak kedua adalah franchisee (penerima waralaba) yaitu individu atau perusahaan yang diberi hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki oleh franchisor (pemberi waralaba).

Bila anda mempunyai modal yang cukup, anda bisa membeli lisensi salah satu bisnis waralaba yang anda minati. Kemudian menjalankan bisnis waralaba anda sesuai dengan sistem dan posedur yang telah ditetapkan. Waralaba merupakan peluang bisnis yang bagus. Saat ini banyak bisnis waralaba dalam bidang makanan, minuman, retail, pendidikan dan lain-lain berkembang dengan cepat. Faktor yang menyebabkan bisnis waralaba berkembang dengan cepat karena sistemnya sudah tersedia tinggal dijalankan saja, ada training/pelatihan dan bantuan untuk menjalankan bisnis waralaba dan dari sisi modal yang lebih kecil bila dibandingkan dengan mendirikan perusahaan bersistem/konglomerasi.

Masukkan alamat email anda untuk dapat kiriman artikel terbaru secara gratis :

Jumlah pelanggan : blogdenmas

Baca Cara Berlangganan Artikel Gratis Blogdenmas

Baca Juga